7.
Mudah-mudahan Allah menimbulkan kasih sayang antaramu dengan orang-orang yang
kamu musuhi di antara mereka. dan Allah adalah Maha Kuasa. dan Allah Maha
Pengampun lagi Maha Penyayang.
8. Allah
tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan Berlaku adil terhadap orang-orang
yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari
negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang Berlaku adil.
9.
Sesungguhnya Allah hanya melarang kamu menjadikan sebagai kawanmu orang-orang
yang memerangimu karena agama dan mengusir kamu dari negerimu, dan membantu
(orang lain) untuk mengusirmu. dan Barangsiapa menjadikan mereka sebagai kawan,
Maka mereka Itulah orang-orang yang zalim.
Surat 4 ayat 88 – 91
88. Maka
mengapa kamu (terpecah) menjadi dua golongan[106] dalam (menghadapi)
orang-orang munafik, Padahal Allah telah membalikkan mereka kepada kekafiran,
disebabkan usaha mereka sendiri ? Apakah kamu bermaksud memberi petunjuk kepada
orang-orang yang telah disesatkan Allah[107]? Barangsiapa yang disesatkan
Allah, sekali-kali kamu tidak mendapatkan jalan (untuk memberi petunjuk)
kepadanya.
89.
mereka ingin supaya kamu menjadi kafir sebagaimana mereka telah menjadi kafir,
lalu kamu menjadi sama (dengan mereka). Maka janganlah kamu jadikan di antara
mereka penolong-penolong(mu), hingga mereka berhijrah pada jalan Allah. Maka
jika mereka berpaling[108], tawan dan bunuhlah mereka di mana saja kamu
menemuinya, dan janganlah kamu ambil seorangpun di antara mereka menjadi
pelindung, dan jangan (pula) menjadi penolong,
90.
kecuali orang-orang yang meminta perlindungan kepada sesuatu kaum, yang antara
kamu dan kaum itu telah ada Perjanjian (damai)[109] atau orang-orang yang
datang kepada kamu sedang hati mereka merasa keberatan untuk memerangi kamu dan
memerangi kaumnya[110]. kalau Allah menghendaki, tentu Dia memberi kekuasaan
kepada mereka terhadap kamu, lalu pastilah mereka memerangimu. tetapi jika
mereka membiarkan kamu, dan tidak memerangi kamu serta mengemukakan perdamaian
kepadamu[111] Maka Allah tidak memberi jalan bagimu (untuk menawan dan
membunuh) mereka.
91. kelak
kamu akan dapati (golongan-golongan) yang lain, yang bermaksud supaya mereka
aman dari pada kamu dan aman (pula) dari kaumnya. Setiap mereka diajak kembali
kepada fitnah (syirik), merekapun terjun kedalamnya. karena itu jika mereka
tidak membiarkan kamu dan (tidak) mau mengemukakan perdamaian kepadamu, serta
(tidak) menahan tangan mereka (dari memerangimu), Maka tawanlah mereka dan
bunuhlah mereka dan merekalah orang-orang yang Kami berikan kepadamu alasan
yang nyata (untuk menawan dan membunuh) mereka.
Surat 7 ayat 33
33.
Katakanlah: "Tuhanku hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang
nampak ataupun yang tersembunyi, dan perbuatan dosa, melanggar hak manusia tanpa alasan
yang benar, (mengharamkan) mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah
tidak menurunkan hujjah untuk itu dan (mengharamkan) mengada-adakan terhadap
Allah apa yang tidak kamu ketahui."
--------------------------------------------------------------------------------------
[106]
Maksudnya: golongan orang-orang mukmin yang membela orang-orang munafik dan
golongan orang-orang mukmin yang memusuhi mereka.
[107]
Disesatkan Allah berarti: bahwa orang itu sesat berhubung keingkarannya dan
tidak mau memahami petunjuk-petunjuk Allah. dalam ayat ini, karena mereka itu
ingkar dan tidak mau memahami apa sebabnya Allah menjadikan nyamuk sebagai
perumpamaan, Maka mereka itu menjadi sesat.
[108]
Diriwayatkan bahwa beberapa orang Arab datang kepada Rasulullah s.a.w. di Madinah.
lalu mereka masuk Islam, kemudian mereka ditimpa demam Madinah, karena itu
mereka kembali kafir lalu mereka keluar dari Madinah. kemudian mereka berjumpa
dengan sahabat Nabi, lalu sahabat menanyakan sebab-sebab mereka meninggalkan
Madinah. mereka menerangkan bahwa mereka ditimpa demam Madinah. sahabat-sahabat
berkata: mengapa kamu tidak mengambil teladan yang baik dari Rasulullah?
sahabat-sahabat terbagi kepada dua golongan dalam hal ini. yang sebahagian
berpendapat bahwa mereka telah menjadi munafik, sedang yang sebahagian lagi
berpendapat bahwa mereka masih Islam. lalu turunlah ayat ini yang mencela kaum
muslimin karena menjadi dua golongan itu, dan memerintahkan supaya orang-orang
Arab itu ditawan dan dibunuh, jika mereka tidak berhijrah ke Madinah, karena
mereka disamakan dengan kaum musyrikin yang lain.
[109]
Ayat ini menjadi dasar hukum suaka.
[110]
Tidak memihak dan telah Mengadakan hubungan dengan kaum muslimin.
[111]
Maksudnya: menyerah.
---------------------------------------------------------------------------------------