Dengan berpegang dari dalil dan keterangan di atas, amat tepat pengistilahan yang menetapkan bahwa orang yang paling berhak dan selayaknya diberi gelar atau dinamakan Ahli Sunnah Wal-Jamaah ialah siapa saja yang berpegang teguh (ittiba’) kepada manhaj para sahabat, tabiin dan tabiut at-tabiin yang diistilahkan sebagai “Manhaj Salaf As-Soleh”. Oleh karena itu, siapa saja yang tidak berpegang kepada manhaj Salaf as-Soleh adalah golongan yang berpecah (yang keluar) dari Ahli Sunnah wal-Jamaah sebagaimana yang telah disabdakan oleh Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa-sallam:
لَتَفْتَرِقَنَّ اُمَّتِيْ عَلَى ثَلاَثِ
وَسَبْعِيْنَ فِرْقَةً وَاحِدَة فِى الْجَنَّةِ وَثِنْتَانِ وَسَبْعُوْنَ فِى
النَّارِ . قِيْلَ : مَنْ هُمْ ؟ قَالَ : اَلْجَمَاعَة.
“Pasti akan berpecah-belah umatku
nanti menjadi 73 golongan, dan hanya satu yang masuk ke surga dan 72 lainnya
akan masuk ke neraka. Baginda ditanya: Siapa mereka (yang ke surga) wahai
Rasulullah? Baginda bersabda: al-Jamaah”.[23]
Dalil yang menjelaskan bahwa
hanya siapa saja yang berpegang dan kembali kepada al-Quran, sunnah Rasulullah
dan athar sahabat berhak dinamakan Ahli Sunnah wal-Jamaah yang bermanhaj salaf
ialah berdasarkan hadits sahih:
مَا اَنَا عَلَيْهِ الْيَوْم وَاَصْحَابِيْ.
“(Al-Jamaah) ialah siapa saja
yang seperti aku sekarang dan para sahabatku”.[24]
Adalah wajib bagi setiap mukmin
menjadikan akidah dan amalannya seperti yang diyakini dan dicontohkan oleh para
Ahli Sunnah wal-Jamaah yang bermanhaj salaf, yaitu manhaj yang diikuti oleh
para sahabat, tabiin, tabiut at-tabiin dan siapa saja yang mengikuti mereka
dengan baik. Firman Allah:
وَكُوْنُوْا مَعَ الصَّادِقِيْنَ
“Dan hendaklah kamu bersama
orang-orang siddiqin (yang benar)”.
At-Taha, 20:119.
Orang-orang utama yang telah
mendapat gelar dan penghormatan sebagai syuhada’, solehin dan siddiqin ialah
para sahabat, maka untuk digolongkan sebagai Ahli Sunnah wal-Jamaah yang
diterima oleh syara, sewajarnya seseorang itu memenuhi pensyaratan yang
ditetapkan oleh hujjah-hujjah di atas, yaitu kembali kepada manhaj yang
diterima oleh Rasulullah yang telah dipegang dan diamalkan oleh para sahabat.
Caranya hanya dengan mengikuti, kembali dan mentaati al-Quran, as-sunnah atau
wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammad sallallahu ‘alaihi wa-sallam.
Suruhan atau perintah agar
bepegang teguh dengan sunnah Rasulullah dan athar para sahabat sebagai manhaj
yang terjamin terdapat di dalam al-Quran, hadits-hadits dan athar yang sahih,
di antaranya ialah firman Allah:
وَاتَّبِعْ سَبِيْلَ مَنْ اَنَابَ
“Dan ikutilah jalan orang-orang
yang kembali kepadaKu”.
Luqman, 31:15.
Orang-orang yang benar-benar
mengikuti dan kembali ke jalan Allah Suhanahu wa-Ta’ala tentulah Rasulullah
sallallahu ‘alaihi wa-sallam dan para sahabat baginda karena mereka senantiasa
mematuhi firman Allah:
اِتَّبِعُوْا مَا اُنْزِلَ اِلَيْكُمْ مِنْ
رَبِّكُمْ وَلاَ تَتَّبِعُوْا مِنْ دُوْنِهِ اَوْلِيَاءَ قَلِيْلاً مَا
تَذَكَّرُوْنَ.
“Ikutlah oleh kamu apa yang telah
diturunkan kepada kamu dari Tuhanmu dan janganlah kamu mengikuti
pemimpin-pemimpin selainNya. Amat sedikit dari kamu mengambil pelajaran
(daripadanya)”. Al-’Araf, 7:3.
Pengertian “Mengikuti apa yang
telah diturunkan” sebagaimana yang dimaksudkan oleh ayat di atas ialah
mengikuti atau kembali kepada wahyu yang berupa al-Quran dan hadis Rasulullah
sallallahu ‘alaihi wa-sallam. Hadits atau kata-kata Rasulullah sallallahu
‘alaihi wa-sallam dinamakan sebagai wahyu berdasarkan ayat al-Quran:
وَمَا يَنْطِقُ عَنِ الْهَوَى اِنْ هُوَ اِلاَّ
وَحْيٌ يُوْحَى
“Dan tiadalah yang diucapkannya
itu (Al-Quran) menurut kamauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanya
wahyu yang dibawakan (kepadanya)”. An-Najm, 53:3-4.
Sewaktu Rasulullah ingin menyampaikan
wasiat agar umat Islam benar-benar kembali kepada manhaj Ahli Sunnah wal-Jamaah
dan meninggalkan Ahli bid’ah, tanda-tanda kesungguhan yang tergambar di wajah
Rasulullah telah merubah suasana dan keadaan para sahabat di ketika itu,
sehingga membuat hati para sahabat resah dan mengalirkan air-matanya. Kejadian
tersebut telah menunjukkan betapa pentingnya umat Islam berpegang dan kembali
kepada pegangan Ahli Sunnah wal-Jamaah yang menjadi manhaj para sahabat
sekalian. Rasulullah berwasiat:
اُوْصِيْكُمْ بِتَقْوَى اللهِ وَالسَّـمْعِ
وَالطَّاعَةِ وَاِنْ وَلَّى عَلَيْكُمْ عَبْدٌ حَبَشِيٌّ ، وَاِنَّهُ مَنْ يَعِشْ
مِنْكُمْ مِنْ بَعْدِيْ فَسَيَرَى اخْتِلاَفًا كَثِيْرًا ، فَعَلَيْكُمْ
بِسُنَّتِيْ وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ الْمَهْدِيِّيْنَ مِنْ
بَعْدِيْ ، تَمَسَّكُوْابِهَاوَعَضُّوْا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ ، وَاِيَّاكُمْ
وَمُحْدَثَاتِ الاُمُوْرِ، فَاِنَّ كُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ ، وَكُلَّ بِدْعَةٍ
ضَـلاَلَةٌ ، وَكُلَّ ضَـلاَلَةٍ فِى النَّارِ.
“Rasulullah sallallahu ‘alaihi
wa-sallam telah memberi peringatan kepada kami sehingga membuat hati kami
bergetar dan air mata berlinang. Kami berkata: Wahai Rasulullah! Seakan-akan
ini wasiat perpisahan maka berwasiatlah kepada kami. Baginda bersabda: Aku
wasiatkan kepada kamu agar tetap bertakwa kepada Allah, senantiasa mendengar
dan taat walaupun yang memimpin kamu adalah seorang hamba Habsyi. Sesungguhnya
siapa saja yang hidup di antara kamu setelahku akan melihat ikhtilaf yang
banyak, maka hendaklah kamu mengikuti sunnahku dan sunnah Khulafa ar-Rasyidin
yang mendapat petunjuk. Peganglah ia dan gigitlah dengan gigi geraham. Aku
peringatkan kamu tentang benda-benda yang baru karena setiap yang baru itu
bid’ah dan setiap yang bid’ah itu sesat”.[25]
بِسْـمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Sebahagian dari isi kandungan ini
telah dikulliahkan di Pusat Islam Singapura dan di Masjid, di beberapa masjid
di Negeri Perlis dan Kampung Malaysia, Selangor Malaysia, bandung Indonesia.
[1]. Lihat: لسان العرب – مادة (سنن)
[2]. Lihat: (1). مختار الصحاح Hlm. 133. ar-Razi. (2). Inilah takrif yang
diberikan oleh Ibn Athir dalam النهاية
فى غريب الحديث قى مادة : (سنن) Jld. 2. Hlm. 409.
[3]. Lihat: لسان العرب – مادة (سنن)
[4]. Lihat: لمعة الاعتقاد الى سبيل الرشاد Hlm. 40. al-Uthaimin.
[5]. Lihat: اهل السنة والجماعة ومنهج الاشاعرة
فى توحيد الله تعالى Juz. 1.
Hlm 21. Khalid bin Abdul Latif bin Muhammad Nor.
[6]. Lihat: (1). منهج اهل السنة والجماعة ومنهج
الاشاعرة فى توحيد الله تعالى Juz. 1. Hlm. 20. Khalid bin Abdul Latif bin
Muhammad Nor.(2). القاموس
المحيط . مادة : (حمع) Hlm. 917. Al-Fairuz Abadi.
[7]. Lihat: (1) مجموعة فتاوى Jld. 3. Hlm. 157.(2). المعجم الوسيط . مادة : (جمع) Jld. 1. Hlm. 135.
[8]. Lihat: H/R At-Tabari dalam
“Al-Kabir” (1/320).
[9]. (1). Ini adalah kata-kata
‘Amru bin Qais dalam الابانة. Jld. 2. Hlm. 492. Ibn Battah (2).
Perkataan Bukhari di dalam kitab sahihnya (13/328). (3). Turmizi dalam sunannya
(4/467).
[10]. Lihat: الاعتصام Jld. 2. Hlm. 263. As-Syatibi.
[11]. Inilah yang dijelaskan oleh
al-Barbahari dalam شرح السنةHlm. 22.
[12]. H/R Ahmad (4/162). Abu Daud
(5/13). Turmizi (7/437) dan Ibn Majah (1/15).
[13]. Lihat: شرح السنة Hlm. 22. Al-Barbahari.
[14]. Lihat: تحفة الاحوذى(7/399-340).
Berkata Turmizi: Hadis ini hasan dan gharib. Lihat: سلسلة الاحاديث الصحيحة No. 203 atau 1192. Syeikh Al
Albani.
[15]. Lihat: Riwayat Baihaqi.
al-Madkhali. الحوادث
والبدعHlm. 22. Abu Syamah.
[16]. Lihat: اهل السنة والجماعة ومنهج الاشاعرة
فى توحيد الله تعالى Juz. 1.
Hlm. 23.
[17]. Lihat: Bahaya Taqlid Buta
& Ta’sub Mazhab. Hlm. 81. Rasul Dahri.
[18]. Lihat: منهاج السنة Jld. 3. Hlm. 457. Ibn Taimiyah.
[19]. H/R Muslim.
[20]. Lihat: منهج اهل السنة والجماعة ومنهج
الاشاعرة فى توحيد الله تعالىJuz 1 Hlm 23.
[21]. Lihat: منهج اهل
السنة والجماعة ومنهج الاشاعرة فى توحيد الله تعالى Juz 1 hlm 23.
[22]. Ibid.
[23]. H/R Ibn Majah (2/1322). Hadits
ini disahihkan oleh al-Haitimi dalam (الزوائد)
Disahihkan juga oleh al-Iraqi di dalam (تلخيص الاحياء.
[24]. Lihat: H/R Turmizi. (تحفة الاحوذى) (7/399-240).
[25]. H/R Ahmad, Abu Daud,
Turmizi dan Ibn Majah